Pocari Sweat Run 2016 : Pengalaman Pertama Lomba Lari

Disclaimer : Post ini tidak mengandung unsur promosi apapun. Produk ber-merk yang muncul pada post ini adalah promotor penyelenggara lomba.

"When you cross the finish line, no matter how slow or fast, it will change your life forever." - Dick Beardsley

Awal Berlari 

Berlari bukanlah kegiatan yang sejak dulu gw lakuin. Jujur aja, dulu, lari adalah olahraga yang paling gw gak suka. Entah kenapa, tapi untuk olahraga kardio gw dulu lebih memilih bersepeda. Hingga akhirnya bulan Januari 2016 kemarin, Allah ngasih rejeki untuk gue bisa beli sepatu lari yang harganya..... ya jutaan. Entah kesambet apa tiba-tiba gw pengen punya sepatu lari yang emang khusus buat lari.

Karena tekanan batin udah beli sepatu super mahal (buat gw beli sepatu dengan harga diatas 1 juta itu udah mahal banget), "Masa udah beli sepatu mahal-mahal gak dipake??" Akhirnya gw memulai lari pertama gw di GBK - Senayan. Gw lari malem ditemenin Andre dan Yudha dan langsung menempuh jarak 3 Km. Alhasil... besoknya badan gue semuanya sakit gak karuan terutama kaki. Sempet kepikiran gini, "kayaknya gw udahan aja deh lari. Sepatu gw jual aja."

Untungnya hal itu gak beneran gw lakukan. Gw malah makin menikmati kegiatan baru gw ini. Ketemu temen-temen baru yang punya hobi olahraga lari. Frekuensi gw berlari makin meningkat. Mulai dari 1 kali seminggu sampai pernah paling mentok 4 kali seminggu. Jarak yang  tempuh juga makin jauh. Mulai dari 3 Km sampai 5 Km. Enak? Enggaa........ gw udah mengalami beberapa hal yang ga enak. Telapak kaki terasa kebakar ditengah lari, lecet-lecet, pegel, nyeri, sampai yang paling ga enak adalah gw gak bisa ngangkat kaki kiri gw karena entah apa dan itu SUPER SAKIT. Tapi diatas semua rasa sakit, ada kebanggan tersendiri ketika gw berhasil menempuh jarak tertentu dengan catatan waktu yang memuaskan.

Daftar Lomba

Keisengan gue berawal dari Googling perihal lari di Indonesia. Ketika itu perhatian gw tertarik ke web Ayolari.in yang memuat jadwal lomba lari se-Indonesia dalam setahun. Akhirnya gw nekat daftar Pocari Sweat Run 2016 ini dan nekat daftar lomba 10K. Gw belom pernah lari sejauh itu. Gw berpikir bahwa latihan 2 bulan dari sekarang harusnya cukup untuk lomba di bulan Mei. Bismillah.....

Racepack, BIB Number, dan medali Finisher 10K
Pocari Sweat Run 2016 ini diselenggarakan oleh Run.ID yang sepertinya sudah sangat piawai dalam mengadakan lomba lari. Sebelum lomba di Jakarta, Pocari Sweat Run 2016 sudah diadakan di Medan dan Surabaya. Jakarta adalah gelaran lomba terakhir dalam rangkaian acara mereka.

Satu bulan sebelum lomba, semangat gw full udah kayak ayam jago ngeliat ayam betina, ngebet parah! Tapi karena gw udah janji mau nemenin Ibu liburan ke Makassar selama 2 minggu, alhasil gw 2 minggu gak latihan sama sekali. Parahnya lagi, di minggu lomba gw gak fit. Gw sakit flu demam gak karuan akhirnya gw juga gak latihan untuk lomba. Hingga tiba saatnya pengambilan racepack satu hari sebelum lomba. 

Hari itu rasanya gw masih kurang enak badan. Gw sempet nyerah dan yasudahlah ambil racepack tapi gausah dateng lomba. Namun semua itu berubah ketika gw melihat euforia di lokasi pengambilan racepack. Semangat gw kembali terbakar dan komitmen ke dirisendiri bahwa besok gw pasti akan datang ke garis Start.

5.. 4.. 3.. 2.. 1.. GO!!

Gw dateng hampir telat ke start point karena ada sedikit drama lokasi parkir dan drama lalu lintas. Huffffft........ Start jam 5:30 sedangkan gw 5:15 masih kejebak jalanan yang ditutup karena peserta Half Marathon sudah meniup trompet start. You know what?? Gue ganti baju ditengah jalan dari baju biasa ke outfit lomba. Untungnya celana lari udah gw pake double dari rumah, jadi tinggal copot celana panjang aja. Diliatin orang?? Bodo amat. Yang penting gw ga boleh ketinggalan start. Begitu jalanan dibuka lagi, gw langsung ngebut cari parkir dan ngibrit lari ke posisi start. Itung-itung pemanasan, soalnya badan gw dingin banget udah 3 minggu gak lari sama sekali.

Gak sampe 5 menit, peluit start udah bunyi. Dengan segala tekad yang gw punya, gw memulai lari 10 kilometer ini. Gw gak berpikir badan gw akan sakit atau engga, nafas gw gimana, gw cuma lari aja. Orientasi gw cuma satu...... FINISH!

FINISH??

Ternyata 10 kilometer itu gak sejauh yang gw bayangkan. Tanpa terasa garis finish udah didepan mata. Entah gw finisher keberapa ratus atau ribu, tapi gw seneng. Gw bangga atas pencapaian pertama gue ini. Terlebih lagi sebelum memasuki finish, gw ngeliat ada Adek cantik yang udah nungguin. Hahaha.... akhirnya dateng juga, kirain dia gak jadi dateng karena tadi paginya dia telat bangun. 

Benar apa kata Dick Breadsley yang kalimatnya gw kutip di atas. Begitu lewat garis finish, semuanya berubah. Awalnya gw gak suka lari, sekarang gw ketagihan. Tadinya hampir gak dateng lomba, sekarnag malah mau daftar lomba lainnya lagi. Tadinya melihat bahwa 10K itu jauh, sekarang gw malah penasaran sama 21K atau disebut juga Half Marathon. Semuanya berubah.

Si Cantik yang udah nungguin di garis Finish

Kebanggaan lainnya adalah pada lari kali ini, gw memecahkan rekor lari tercepat gw sendiri. Waktu masih masa latihan, gw pernah lari 10 Km di jalanan UI. Waktu itu untuk pertama kalinya gw lari 10K,  aplikasi di hp gw mencatat waktu 1 jam 30 menit 34 detik. Sewaktu lari kemarin pada saat lomba, gw berhasil memperbaiki catatan waktu gw jadi 1 jam 12 menit 16 detik. Wow! Rasanya semua jerih payah latihan gue terbayar. Alhamdulillah...
Berdasarkan Nike Run Apps, gw memecahkan rekor Personal Best!
YAAYY BERHASIL!!!

Thanks udah mau baca tulisan gw ini sampai sini. Nampaknya rubrik "Running Journey" ini akan terus berlanjut. Kapan lagi gw ikut lomba? Tunggu aja. Mau lari seberapa jauh lagi? Tungguuuuuu.... Pokoknya sabar and stay tuned. Karena minggu depan gw akan posting tentang trip gw weekend ini. Mau kemana ya........... see you on NEXT POST!!

Comments