Tentang Resolusi Awal Tahun

Image source by Flatart/Freepik

Udah bikin?
Kalo belum, setelah lo baca yang akan gue tulis mungkin lo jadi bikin resolusi untuk tahun ini.

Menurut gue ada 3 hal yang jadi dasar supaya resolusi itu terlihat lebih realistis untuk dilakukan.

1. Bisa melakukannya atau belum pernah sama sekali.
Resolusi bisa ditentuin dari hal yang biasa kita lakukan. Misalnya lo suka masak tapi kemampuan masak lo gitu-gitu aja, bisa bikin resolusi "Ikut cooking class masakan Indonesia dan Chinesse". Karena sudah pernah/bisa masak, maka ikut cooking class gak terlihat seperti hal yang sulit. 

Tapi bisa juga lo bikin resolusi yang belum pernah sama sekali lo lakukan. Misalnya, "Belajar nyetir mobil dan punya SIM A". Terkadang kita juga bosan kalau melakukan hal yang itu-itu aja, makanya melakukan hal baru bisa jadi resolusi yang menantang dan menarik untuk diselesaikan. Kalau gak ditantang sama orang lain, yaa kita sendiri yang bikin tantangannya.

2. Tentukan parameter keberhasilannya.
Kalau lo gak bikin parameter berhasil, darimana lo bisa tau kalo resolusi lo itu tercapai?

Pastikan bahwa setiap resolusi yang lo tulis itu bisa terukur. Kalo misalnya punya resolusi "2019 Lebih Bahagia", tentukan apa aja yang menurut lo bisa bikin lebih bahagia dari tahun kemarin. Udah gitu kalo udah tau targetnya, maka kalau waktunya udah mepet lo bisa kejar targetnya. Pastikan juga tau gimana caranya lo bisa capai target itu. 

Seperti contoh sederhana yang gue tulis diatas, parameternya jelas yaitu kelas masakan Indonesia dan Cina, kemudian belajar nyetir sampai dapet SIM A. Mau bikin lebih spesifik lagi, lebih baik. Misalnya diperjelas dengan berapa kali ikut kelas masaknya, kemudian mobil jenis apa yang bisa dikendarai. Kalau targetnya baca buku, tulis jenis buku apa aja yang mau dibaca. Kalau targetnya bikin konten, tentuin jumlah konten yang mau dihasilkan dalam setahun.


3. Harus punya alasan yang kuat.
Ini yang paling penting, kenapa lo bikin resolusi itu?
Untuk siapa hal itu perlu lo capai?

Semakin kuat alasan yang lo punya, semakin besar juga kemungkinan lo bisa menyelesaikan misi. Tentukan 1-2 orang yang menurut lo paling penting dalam hidup lo saat ini. Perkirakan apa yang bisa lo kasih untuk mereka. Kalau kita bener-bener tau apa yang penting dalam hidup kita, sepertinya menemukan alasan kuat bukanlah perkara sulit.

---

Tahun 2018 buat gue adalah tahun paling produktif yang gue punya. Tapi sayangnya produktivitas yang gue lakukan belum terarah. Gue mau bikin tahun 2019 gue lebih terarah dan jelas tujuannya. Makanya gue menganggap resolusi menjadi penting. Kalau lo mau hidup berjalan kearah manapun angin berhembus, silahkan. Gak ada salah dan mungkin gak merugikan juga. 

Buat gue saat ini adalah saat yang tepat buat gue berubah karena gue gak cuma hidup buat diri gue seorang. Ada keluarga gue yang perlu gue jaga selama-lamanya, orang tua gue, istri gue dan anak gue kelak. Ada 7 resolusi yang ingin gue capai di 2019. Di post berikutnya, gue akan cerita apa aja resolusinya dan kenapa gue ingin melakukannya.

Terima kasih udah mau baca sedikit celotehan gue, semoga ada manfaatnya yaa.


Comments